Powered By Blogger

Selasa, 15 November 2011

MANAJEMEN

A.   Pengertian manajemen

      Manajemen adalah  ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinisasikan, mengawasi, tenaga manusia dengan menggunakan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (profesor oei liang lee). Menejemen merupakan sarana organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedian semaksimum mungkin.


Gambar 1.1. orang yang bisa memanajemen organisasi dengan anggotanya
 

Manajemen merupakan kegiatan pokok dilakukan seorang pimpinan karena dia ingin menjabat sebagai manajer untuk mengelola input manjadi output melalui proses manajemen. Bukan berarti seorang manajer itu harus bekerja disebuah perusahaan. Namun manajer juga harus bisa memipin dirinya sendiri supaya output yang diperoleh pada dirinya berkualitas untuk dirinya sendiri serta untuk orang lain. Berikut adalah gambar proses manajemen :



Gambar 1.2. proses manajemen yang mengelola input menjadi output tertentu sesuai dengan tujuan

Dengan melihat gambaran proses input menjadi output, terlihat bahwa proses manajemen (kegiatan pegelolaan) merupakan tugas seorang manajer. Jadi manajer melaksanakan keegiatan planning, organizing, leading, dan controlling melalui peranan yang harus dilakukan antar pribadi yang sangat membantu melaksanakan tugas pekerjaan. Setelah kita melakukan proses tersebut tidak kalah pentingnya adalah mengimplementasikan suatu keputusan.
B.   Fungsi manajemen
Fungsi merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam menegelolah atau memimpin perusahaan. Dimana secara garis besar funsi manajemn dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
1.        Planning
2.        Organizing
3.        Directing
4.        Coordinating
5.        Controlling

1.        Planning Perencanaan
Planning adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objektive perusahaan, policy, program, organisasi maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Fungsi planning dalam manajemen merupakan fungsi dasr dari fungsi-fungsi yang lainnya, karena perencanaan merupakan tujuan, arah, strategi, aturan, maupun program yang akan selalu menjadi bagian penting dari pelaksanaan fungsi, manajemen yang lainnya.
Menagapa perencanaan diperlukan?
Pada dasrnya perencanaan akan selalu dilaksanakan perusahaan karena perencanaan yang dibuat tersebut biasanya menjadi penentu arah dalam pencapain tujuan yang telah ditetapkan perusahaan ataupun organisasi.
2.      Organizing (Pengorganisasian)
Fungsi pengorganisasian adalah kegiatan dalam melakukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan-kegiatan beserta orang-orang yang sesuai dengan kegiatannya disertai dengan pendelegasian wewenang.
3.      Directing
Directing atau pengarahan (= actuating = leading = commanding)
kegiatan yang khususnya ditujukan untuk mengatasi mengarahkan bawahan, sehingga seorang pemimmpin secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektiv mungkin untuk mencapai tujuan organisasi.
1.      Koordinasi
Koordinasi adalah fungsi yang harus dilakukan oleh seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai  perbedaan dan kepentingan kegiatan sehingga bisa tercapai tujuan organisasi. Agar koordinisasi terlaksana maka seorang manajer atu pemimpin harus mendorong suasana kerja atau lingkungan yang mendorong terlaksananya koordinasi. Misalnya memberikan latihan dan training, memilih petuga atu pegawai atau karyawan yang terampil, dan menciptakan suasana kerja yang nyaman
2.      Controlling (pengawasan)
Fungsi pengawasan merupakan fungsi yang terakhir dilakukan oleh seorang manajer setelah melakukan fungsi terdahulu.
Pengawasan merupakan fungsi yang bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terdapat penyimmpangan- penyimpangan perencanaan pelaksanaan yang telah ditetapkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar